Jenis Kulit dan Cara Perawatannya

Jenis kulit wajah dan cara perawatannya

 

Kenali dulu jenis kulit wajah anda , kemudian baru Anda bisa memilih produk dan cara merawat kulit Anda dengan tepat. Silahkan simak ulasan di bawah ini .

 

Kulit wajah normal

 

Mempunyai keseimbangan antara jumlah kandungan air dan jumlah kandungan minyak. sehingga kulit wajah tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Pori-pori kulit wajah hampir tak terlihat , tidak terlalu sensitif dan terlihat cerah bercahaya.

Perawatannya mudah, gunakan sabun pembersih wajah yang lembut. Anda bisa membilas wajah dengan air hangat kemudian keringkan.

 

Kulit wajah kering

 

 Pori-pori hampir tak terlihat, kulit kurang elastis, permukaan luar kulit terlihat kasar ,kusam dan ada retakan kulit bila disentuh. Mudah memerah, meradang,  gatal, dan juga bersisik. Bisa disebabkan atau diperburuk oleh faktor genetik, penuaan, perubahan hormon, cuaca dingin, sinar matahari, radiasi ultraviolet, mandi air panas terlalu lama, atau bahan yang terkandung dalam produk sabun, kosmetik, pembersih, hingga obat-obatan.

Perawatannya meliputi:

gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung alkohol, Jangan mandi dan mencuci muka menggunakan air hangat terlalu lama, gunakan sabun pembersih wajah yang melembabkan, gunakan pelembab khusus untuk kulit kering.

 

Kulit wajah berminyak

 

Memiliki pori-pori yang besar, terlihat berkilau namun kusam, dan biasanya disertai komedo, jerawat, serta noda hitam.

 kulit berminyak disebabkan karena produksi sebum dari kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) yang berlebih. Sebum merupakan zat minyak yang berasal dari lemak. Kelenjar sebaceous terdapat di bawah permukaan kulit. Sebum memiliki fungsi untuk melindungi dan melembabkan kulit, tetapi kelebihan sebum akan menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak, pori-pori tersumbat dan menimbulkan jerawat. Tingginya produksi sebum bisa disebabkan oleh stres , perubahan hormon dan juga faktor genetik. 

Perawatannya bisa dengan cara:

Rajin mencuci muka setidaknya dua kali sehari. Jangan menggunakan pembersih wajah yang mengandung detergen, gunakan saja sabun cuci muka yang lembut dan mengandung gliserin.

Gunakan masker telur-melon, masker lidah buaya, masker tomat masker madu serta masker almond.

Hindari makanan yang berminyak, tinggi gula dan makanan olahan.

Kurangi penggunaan makeup, seperti foundation.

Pilih produk yang berbasis air bukan berbasis minyak dan berlabel noncomedogenic yang tidak menyumbat pori-pori.

Gunakan juga tabir surya yang tidak mengandung minyak.

Jika produk yang dijual di pasaran tidak membantu merawat kulit berminyak, coba konsultasikan dengan dokter kulit.

 

Kulit wajah sensitif

 Mudah mengalami iritasi, kemerahan, pengelupasan , gatal dan kering serta terbakar.

bisa disebabkan karena faktor lingkungan , makanan dan bahan produk kosmetik yang dipakai.

 

Perawatannya bisa dengan mengetahui pemicu yang menyebabkan reaksi iritasi. Gunakan sabun wajah yang lembut dan bilas menggunakan air hangat. hindari menggosok wajah. Hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol, wewangian dan asam. Gunakan produk yang mengandung lidah buaya, teh hijau, chamomile, polifenol, dan gandum.

 

Kulit wajah kombinasi

 

Jenis kulit wajah kombinasi merupakan perpaduan antara kulit berminyak dan kering. Kulit berminyak terkonsentrasi di zona-T (dagu, hidung, dan dahi), sementara bagian pipinya tetap kering.  Bisa dipengaruhi karena masa puber dan faktor genetik, yakni ketika kelenjar minyak meningkatkan produksi sebum.

Perlu berbagai produk perawatan kulit wajah dibutuhkan untuk merawat kulit jenis ini. Pembersih ringan dan juga pelembab mungkin diperlukan di pipi, sementara produk anti-jerawat dengan benzoyl peroxide mungkin diperlukan di zona-T.

 

Apa pun jenis kulit wajah Anda, tetap gunakan tabir surya untuk perlindungan dari radiasi ultraviolet, dan hindari paparan sinar matahari langsung. Hindari merokok dan banyak minum air putih serta jaga asupan cairan anda setiap harinya. Rajin mencuci wajah Anda paling tidak dua kali sehari kemudian menggunakan pelembab, terlebih ketika akan tidur. Hindari pula tidur dengan wajah masih memakai make-up.Gunakan make-up sesuai jenis kulit anda.